Rabu, 04 November 2015

KEWIRAUSAHAAN



DWI KURNIA FIDYA PRASASTI
NIM : 153145301424
KELAS L
D.IV BIDAN PENDIDIK

PRODUK YANG SESUAI USAHA KECIL
A.   Produk Yang Sesuai Untuk Perusahaan Kecil.
Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan kecil untuk penciptaan suatu produk :
*      Untuk pemilihan produk, perusahaan harus memperhatikan pada sumber daya uang, tenaga kerja dan fasilitas yang dimiliki.
*      Pemilihan segmen pasar yang memungkinkan.
*      Untuk produk atau proses yang disuplai kepada perusahaan lain hendaknya sangat kecil volumenya sehingga tidak menarik minat para pelanggannya untuk memproduksinya sendiri
*      Tingginya nilai tambah. Keuntungan harus lebih besar dari biaya
*      Rentang waktu yang diperlukan untuk penyelesaian produk atau proses
B.   Beberapa hal yang berkaitan dengan sumber daya perusahaan adalah sebagai berikut :
1.    Kekuatan keuangan (Financial strength).
Diperlukan permodalan yang besar untuk memulai suatu jenis usaha, termasuk penelitian dan pengembangan, penelitian pemasaran, fasilitas produksi, dan periklanan.
Catatan : beberapa perusahaan masih mengabaikan pentingnya penelitian pemasaran sebelum dibentuknya suatu jenis usaha, hal ini juga yang menyebabkan perusahaan tersebut tidak tahu apa yang terjadi pada dirinya ketika mereka merugi dari awal pendirian sampai dengan kebangkrutannya.
2.    Kemampuan produksi dan Fleksibilitas (Producing capabilities and flexibility).
Hal ini berkaitan dengan economies of scale. Economies of scale adalah pemahaman dimana peningkatan produksi akan berakibat terhadap penurunan biaya per unit yang direalisasikan melalui efisiensi operasional. Perusahaan yang besar dan kecil mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam hal kemampuan produksi dan fleksibilitas. Perusahaan besar mempunyai kemampuan produksi yang lebih besar tetapi fleksibilitas yang lebih rendah. Perusahaan kecil mempunyai kemampuan produksi yang lebih kecil tetapi fleksibilitas yang lebih bsar. Contoh : Perusahaan kue yang besar memiliki kapasitas produksi dalam jumlah besar tetapi jika seorang konsumen ingin memesan dalam jumlah sedikit dan menghendaki adanya kustomisasi pada kue yang dipesannya, tentu saja perusahaan kue yang kecil mempunyai fleksibilitas dalam hal tersebut.
Beberapa perusahaan meningkatkan fleksibilitasnya dengan meniadakan pabrik di tempat produksinya, tetapi memeberikannya kepada pihak-pihak yang mempunyai kemampuan produksi yang lebih baik. Contoh : Perusahaan sepatu terkenal seperti Nike mendirikan pabrik di Cina dan negara-negara berkembang lainnya dimana biaya produksi terutama tenaga kerja masih murah, tetapi tetap memegang peranan dalam hal desain dan promosi.
3.    Kekuatan pemasaran (Marketing strength).
Salah satu yang termasuk dalam kekuatan pemasaran suatu perusahaan adalah merek, hak paten, hubungan yang baik dengan distributor atau pengecer, tenaga penjual, ahli internet. Pemahaman yang baik tentang pasar sasaran akan memberikan keunggulan bagi perusahaan.
C.   Persyaratan sukses Usaha Kecil di lapangan adalah kesesuaian, antara:
  1. Jenis dan corak Produk atau Jasa yang dihasilkan oleh Usaha Kecil dengan corak Pasar yang membutuhkan produk atau jasa tersebut.
  2. Pasangan Produk atau Jasa dengan pasarnya terhadap corak dari pengusaha, yaitu terhadap corak dan keterbatasan kemampuan diri si pengusaha maupun perusahaannya.
D.   Sepuluh faktor yang favorabel bagi perusahaan industri kecil terdiri dari faktor-faktor sebagai berikut :
  1. Hubungan antara aspek fisik dengan aspek engineering
  2. Produk yang memerlukan tingkat keterampilan dan ketelitian yang tinggi
  3. Produk massal komponen-komponen khusus, atau produk akhir yang bersifat  khusus
  4. Produk yang dibuat dalam jumlah kecil
  5. Produk yang dipengaruhi oleh lokasi dan ongkos transportasi
  6. Produk dengan desain khusus, atau produk yang memerlukan inovasi tinggi
  7. Hubungan yang dekat antar personil dalam industri kecil
  8. Fleksibilitas operasi dan ongkos tak langsung yang rendah
9.  Pelayanan yang lebih baik
10.   Respon yang cepat terhadap perkembangan/perubahan
Enam faktor pertama berkaitan dengan ciri-ciri atau karakteristik produk yang dihasilkan oleh perusahaan industri ukuran kecil, sedang empat faktor sisanya berkaitan dengan dinamika perusahaan industri kecil dalam menjalankan kegiatannya.
E.   Pengaruh Lokasi, Proses, dan Pasar terhadap Kesesuaian Jenis Produk/Jasa bagi Industri Kecil
  1. Industri Kecil yang dipengaruhi Lokasi
    1. Industri yang memproses bahan baku yang menyebar (dispersed)
    2. Produk yang hanya mempunyai pasar lokal terbatas dengan ongkos angkut/transport produk relatif tinggi
    3. Industri Jasa
2.    Industri Kecil yang dipengaruhi Proses
    1. Proses manufaktur yang bisa dipisah
    2. Industri Craft atau Industri Presisi
    3. Asembling sederhana, proses pencampuran (mixing), dan proses finishing
3.    Industri kecil yang dipengaruhi Pasar
    1. Produk yang beragam (differentiated), yang masing-masing hanya  mempunyai skala ekonomis yang rendah
    2. Industri yang melayani pasar ukuran kecil
Gagasan tentang produk atau jasa baru yang sesuai bagi usaha kecil
dicoba ditemukan melalui penelaahan terhadap beberapa aspek. 
·         Aspek-aspek apakah yang dimaksud  Perusahaan berukuran kecil perlu memperhatikan adanya dua sisi yang harus dihindari, sehingga seakan-akan terdapat semacam “koridor” yang merupakan tempat yang lebih sesuai bagi usaha kecil. Koridor tersebut sangat dipengaruhi oleh besarnya permintaan pasar, sebagai berikut :
a.      jika permintaan pasar kuat, maka yang sesuai untuk tumbuh melayani pasar yang kuat itu adalah usaha ukuran menengah dan ukuran besar.
b.      jika permintaan pasar lemah, maka akan tumbuh usaha yang berukuran sangat kecil, walaupun kemudian usaha semacam ini biasanya tidak akan mampu bertahan lama karena permintaan pasar tidak cukup kuat untuk mendukung usaha sangat kecil tersebut untuk bertahan hidup (survive)
–  koridor yang sesuai bagi usaha kecil terjadi apabila kekuatan permintaan pasar berukuran sedang apabila dalam koridor pasar :
  1. lemah, maka akan tumbuh usaha kecil dalam jumlah yang terbatas
  2. cukup kuat, maka akan tumbuh usaha kecil dalam jumlah yang besar membentuk kumpulan
F.    INSTRUMEN ABCDE
Ketepatan memilih produk atau jasa yang sesuai (layak) untuk diusahakan oleh usaha kecil merupakan hal yang rawan dan perlu dilakukan berhati-hati agar usaha kecil yang hendak dijalankan bisa  memiliki peluang untuk meraih keberhasilan.
Sepuluh faktor yang mampu mendorong industri kecil untuk mencapai keberhasilan yang ditemukan dalam penelitian Staley dan Morse , tempat untuk menemukan jenis produk ataupun jasa yang sesuai bagi usaha kecil yang diusulkan oleh Dible, dan berbagai pengamatan yang dijumpai di lapangan digunakan untuk merumuskan alat yang lebih mudah digunakan dalam memeriksa kesesuaian suatu jenis produk ataupun jasa bagi usaha berukuran kecil. Alat ini dinamakan Instrumen ABCDE karena menggunakanlimajenis kriteria sebagai berikut :
Suatu jenis produk atau jasa sesuai untuk diusahakan oleh usaha kecil apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
1.      Produk atau Jasa dengan permintaan terbatas atau bersifat khusus
Permintaan pasar terhadap produk atau jasa rendah karena tingkat kebutuhan berada dalam skala yang rendah, atau karena permintaan pasar memiliki derajat customization yang tinggi (bervariasi) sesuai keinginan atau kebutuhan konsumen sehingga untuk setiap variasi tingkat permintaan menjadi rendah, atau karena ongkos angkut produk jadi yang relatif tinggi sehingga akan dijumpai kesulitan apabila melayani daerah yang luas
2.    Produk atau Jasa dengan sumber bahan yang memiliki karakteristik khusus
Bahanbaku, bahan pembantu, dan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa memiliki keterbatasan tertentu karena : volume persediaan terbatas, lokasi tersebar, sulit dipindahkan, ongkos angkut mahal, atau memerlukan proses-proses tambahan sebelum dapat diproses lebih lanjut
3.    Produk atau Jasa dengan struktur ongkos tertentu
Produk atau jasa bisa dihasilkan dengan ongkos tetap yang rendah, dan karena sifat proses produksi yang digunakan maka ongkos produksi per unit untuk menghasilkan produk atau jasa relatif tetap dan tidak dipengaruhi oleh volume produksi
4.    Produk atau Jasa dengan ambang teknologi yang cukup tinggi
Produk atau jasa memiliki sifat proses produksi berikut : hanya bisa dihasilkan melalui proses produksi yang memiliki tingkat teknologi yang cukup tinggi sehingga tidak mudah dikuasai oleh masyarakat awam, atau proses produksi bersifat fleksibel, atau proses produksi dapat dipecah-pecah









DAFTAR PUSTAKA



1 komentar:

  1. jika Anda melihat skenario saat ini sehubungan dengan hibah untuk ekspansi usaha kecil, pemerintah federal sebenarnya tidak menawarkan hibah langsung. Namun ada beberapa program oleh pemerintah, yang melaluinya hibah untuk kegiatan penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan oleh usaha kecil disediakan oleh sba. kemudian ada hibah tidak langsung dalam bentuk jaminan pinjaman usaha kecil serta pinjaman bersubsidi, di mana Anda mendapatkan pinjaman dengan tingkat bunga yang dikurangi dari bank karena pemerintah membayar sebagian dari pinjaman Anda. atau jika Anda gagal membayar pinjaman Anda, pemerintah membayar bank atas nama Anda. seperti yang Anda lihat, ada banyak peluang untuk pendanaan usaha kecil dan hibah melalui mr pedro dan perusahaan pendanaannya. mereka menawarkan pinjaman pada tingkat 2 yang sangat terjangkau. sebagai pemilik bisnis pemula, Anda hanya perlu berusaha menemukan yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda. hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com / whatsapp teks: +1 863 231 0632 untuk pinjaman. semua yang terbaik!

    BalasHapus