DWI
KURNIA FIDYA PRASASTI
NIM
: 153145301424
KELAS
L
D.IV
BIDAN PENDIDIK
PRODUK YANG SESUAI USAHA KECIL
A. Produk Yang Sesuai Untuk Perusahaan
Kecil.
Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh
perusahaan kecil untuk penciptaan suatu produk :
B.
Beberapa hal yang berkaitan dengan sumber daya perusahaan
adalah sebagai berikut :
1. Kekuatan
keuangan (Financial strength).
Diperlukan
permodalan yang besar untuk memulai suatu jenis usaha, termasuk penelitian dan
pengembangan, penelitian pemasaran, fasilitas produksi, dan periklanan.
Catatan : beberapa perusahaan masih mengabaikan pentingnya penelitian pemasaran sebelum dibentuknya suatu jenis usaha, hal ini juga yang menyebabkan perusahaan tersebut tidak tahu apa yang terjadi pada dirinya ketika mereka merugi dari awal pendirian sampai dengan kebangkrutannya.
Catatan : beberapa perusahaan masih mengabaikan pentingnya penelitian pemasaran sebelum dibentuknya suatu jenis usaha, hal ini juga yang menyebabkan perusahaan tersebut tidak tahu apa yang terjadi pada dirinya ketika mereka merugi dari awal pendirian sampai dengan kebangkrutannya.
2. Kemampuan
produksi dan Fleksibilitas (Producing capabilities and flexibility).
Hal ini berkaitan dengan economies of scale. Economies of scale adalah pemahaman dimana peningkatan produksi akan berakibat terhadap penurunan biaya per unit yang direalisasikan melalui efisiensi operasional. Perusahaan yang besar dan kecil mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam hal kemampuan produksi dan fleksibilitas. Perusahaan besar mempunyai kemampuan produksi yang lebih besar tetapi fleksibilitas yang lebih rendah. Perusahaan kecil mempunyai kemampuan produksi yang lebih kecil tetapi fleksibilitas yang lebih bsar. Contoh : Perusahaan kue yang besar memiliki kapasitas produksi dalam jumlah besar tetapi jika seorang konsumen ingin memesan dalam jumlah sedikit dan menghendaki adanya kustomisasi pada kue yang dipesannya, tentu saja perusahaan kue yang kecil mempunyai fleksibilitas dalam hal tersebut.
Beberapa perusahaan meningkatkan fleksibilitasnya dengan meniadakan pabrik di tempat produksinya, tetapi memeberikannya kepada pihak-pihak yang mempunyai kemampuan produksi yang lebih baik. Contoh : Perusahaan sepatu terkenal seperti Nike mendirikan pabrik di Cina dan negara-negara berkembang lainnya dimana biaya produksi terutama tenaga kerja masih murah, tetapi tetap memegang peranan dalam hal desain dan promosi.
Hal ini berkaitan dengan economies of scale. Economies of scale adalah pemahaman dimana peningkatan produksi akan berakibat terhadap penurunan biaya per unit yang direalisasikan melalui efisiensi operasional. Perusahaan yang besar dan kecil mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam hal kemampuan produksi dan fleksibilitas. Perusahaan besar mempunyai kemampuan produksi yang lebih besar tetapi fleksibilitas yang lebih rendah. Perusahaan kecil mempunyai kemampuan produksi yang lebih kecil tetapi fleksibilitas yang lebih bsar. Contoh : Perusahaan kue yang besar memiliki kapasitas produksi dalam jumlah besar tetapi jika seorang konsumen ingin memesan dalam jumlah sedikit dan menghendaki adanya kustomisasi pada kue yang dipesannya, tentu saja perusahaan kue yang kecil mempunyai fleksibilitas dalam hal tersebut.
Beberapa perusahaan meningkatkan fleksibilitasnya dengan meniadakan pabrik di tempat produksinya, tetapi memeberikannya kepada pihak-pihak yang mempunyai kemampuan produksi yang lebih baik. Contoh : Perusahaan sepatu terkenal seperti Nike mendirikan pabrik di Cina dan negara-negara berkembang lainnya dimana biaya produksi terutama tenaga kerja masih murah, tetapi tetap memegang peranan dalam hal desain dan promosi.
3. Kekuatan
pemasaran (Marketing strength).
Salah satu yang termasuk dalam kekuatan pemasaran suatu perusahaan adalah merek, hak paten, hubungan yang baik dengan distributor atau pengecer, tenaga penjual, ahli internet. Pemahaman yang baik tentang pasar sasaran akan memberikan keunggulan bagi perusahaan.
Salah satu yang termasuk dalam kekuatan pemasaran suatu perusahaan adalah merek, hak paten, hubungan yang baik dengan distributor atau pengecer, tenaga penjual, ahli internet. Pemahaman yang baik tentang pasar sasaran akan memberikan keunggulan bagi perusahaan.
C.
Persyaratan
sukses Usaha Kecil di lapangan adalah kesesuaian, antara:
- Jenis dan corak Produk atau Jasa yang dihasilkan oleh Usaha Kecil dengan corak Pasar yang membutuhkan produk atau jasa tersebut.
- Pasangan Produk atau Jasa dengan pasarnya terhadap corak dari pengusaha, yaitu terhadap corak dan keterbatasan kemampuan diri si pengusaha maupun perusahaannya.
D.
Sepuluh
faktor yang favorabel bagi perusahaan industri kecil terdiri dari faktor-faktor
sebagai berikut :
- Hubungan antara aspek fisik dengan aspek engineering
- Produk yang memerlukan tingkat keterampilan dan ketelitian yang tinggi
- Produk massal komponen-komponen khusus, atau produk akhir yang bersifat khusus
- Produk yang dibuat dalam jumlah kecil
- Produk yang dipengaruhi oleh lokasi dan ongkos transportasi
- Produk dengan desain khusus, atau produk yang memerlukan inovasi tinggi
- Hubungan yang dekat antar personil dalam industri kecil
- Fleksibilitas operasi dan ongkos tak langsung yang rendah
9. Pelayanan
yang lebih baik
10. Respon yang
cepat terhadap perkembangan/perubahan
Enam faktor pertama berkaitan dengan
ciri-ciri atau karakteristik produk yang dihasilkan oleh perusahaan industri
ukuran kecil, sedang empat faktor sisanya berkaitan dengan dinamika perusahaan
industri kecil dalam menjalankan kegiatannya.
E.
Pengaruh Lokasi, Proses, dan Pasar terhadap Kesesuaian
Jenis Produk/Jasa bagi Industri Kecil
- Industri Kecil yang dipengaruhi Lokasi
- Industri yang memproses bahan baku yang menyebar (dispersed)
- Produk yang hanya mempunyai pasar lokal terbatas dengan ongkos angkut/transport produk relatif tinggi
- Industri Jasa
2. Industri
Kecil yang dipengaruhi Proses
- Proses manufaktur yang bisa dipisah
- Industri Craft atau Industri Presisi
- Asembling sederhana, proses pencampuran (mixing), dan proses finishing
3. Industri
kecil yang dipengaruhi Pasar
- Produk yang beragam (differentiated), yang masing-masing hanya mempunyai skala ekonomis yang rendah
- Industri yang melayani pasar ukuran kecil
Gagasan tentang produk atau jasa
baru yang sesuai bagi usaha kecil
dicoba ditemukan melalui penelaahan
terhadap beberapa aspek.
·
Aspek-aspek apakah yang dimaksud Perusahaan berukuran kecil perlu memperhatikan adanya
dua sisi yang harus dihindari, sehingga seakan-akan terdapat semacam “koridor”
yang merupakan tempat yang lebih sesuai bagi usaha kecil. Koridor tersebut
sangat dipengaruhi oleh besarnya permintaan pasar, sebagai berikut :
a.
jika permintaan pasar kuat, maka yang sesuai untuk
tumbuh melayani pasar yang kuat itu adalah usaha ukuran menengah dan ukuran
besar.
b.
jika permintaan pasar lemah, maka akan tumbuh usaha
yang berukuran sangat kecil, walaupun kemudian usaha semacam ini biasanya tidak
akan mampu bertahan lama karena permintaan pasar tidak cukup kuat untuk
mendukung usaha sangat kecil tersebut untuk bertahan hidup (survive)
koridor yang sesuai bagi usaha kecil terjadi
apabila kekuatan permintaan pasar berukuran sedang apabila dalam koridor pasar
:
- lemah, maka akan tumbuh usaha kecil dalam jumlah yang terbatas
- cukup kuat, maka akan tumbuh usaha kecil dalam jumlah yang besar membentuk kumpulan
F.
INSTRUMEN ABCDE
Ketepatan
memilih produk atau jasa yang sesuai (layak) untuk diusahakan oleh usaha kecil
merupakan hal yang rawan dan perlu dilakukan berhati-hati agar usaha kecil yang
hendak dijalankan bisa memiliki peluang untuk meraih keberhasilan.
Sepuluh
faktor yang mampu mendorong industri kecil untuk mencapai keberhasilan yang
ditemukan dalam penelitian Staley dan Morse , tempat untuk menemukan jenis
produk ataupun jasa yang sesuai bagi usaha kecil yang diusulkan oleh Dible, dan
berbagai pengamatan yang dijumpai di lapangan digunakan untuk merumuskan alat
yang lebih mudah digunakan dalam memeriksa kesesuaian suatu jenis produk
ataupun jasa bagi usaha berukuran kecil. Alat ini dinamakan Instrumen ABCDE
karena menggunakanlimajenis kriteria sebagai berikut :
Suatu jenis
produk atau jasa sesuai untuk diusahakan oleh usaha kecil apabila memenuhi
kriteria sebagai berikut :
1.
Produk atau Jasa dengan permintaan terbatas atau
bersifat khusus
Permintaan
pasar terhadap produk atau jasa rendah karena tingkat kebutuhan berada dalam
skala yang rendah, atau karena permintaan pasar memiliki derajat customization
yang tinggi (bervariasi) sesuai keinginan atau kebutuhan konsumen sehingga
untuk setiap variasi tingkat permintaan menjadi rendah, atau karena ongkos
angkut produk jadi yang relatif tinggi sehingga akan dijumpai kesulitan apabila
melayani daerah yang luas
2. Produk atau
Jasa dengan sumber bahan yang memiliki karakteristik khusus
Bahanbaku,
bahan pembantu, dan berbagai bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk
atau jasa memiliki keterbatasan tertentu karena : volume persediaan terbatas,
lokasi tersebar, sulit dipindahkan, ongkos angkut mahal, atau memerlukan
proses-proses tambahan sebelum dapat diproses lebih lanjut
3. Produk atau
Jasa dengan struktur ongkos tertentu
Produk atau
jasa bisa dihasilkan dengan ongkos tetap yang rendah, dan karena sifat proses
produksi yang digunakan maka ongkos produksi per unit untuk menghasilkan produk
atau jasa relatif tetap dan tidak dipengaruhi oleh volume produksi
4. Produk atau
Jasa dengan ambang teknologi yang cukup tinggi
Produk atau
jasa memiliki sifat proses produksi berikut : hanya bisa dihasilkan melalui
proses produksi yang memiliki tingkat teknologi yang cukup tinggi sehingga
tidak mudah dikuasai oleh masyarakat awam, atau proses produksi bersifat
fleksibel, atau proses produksi dapat dipecah-pecah
DAFTAR PUSTAKA
jika Anda melihat skenario saat ini sehubungan dengan hibah untuk ekspansi usaha kecil, pemerintah federal sebenarnya tidak menawarkan hibah langsung. Namun ada beberapa program oleh pemerintah, yang melaluinya hibah untuk kegiatan penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan oleh usaha kecil disediakan oleh sba. kemudian ada hibah tidak langsung dalam bentuk jaminan pinjaman usaha kecil serta pinjaman bersubsidi, di mana Anda mendapatkan pinjaman dengan tingkat bunga yang dikurangi dari bank karena pemerintah membayar sebagian dari pinjaman Anda. atau jika Anda gagal membayar pinjaman Anda, pemerintah membayar bank atas nama Anda. seperti yang Anda lihat, ada banyak peluang untuk pendanaan usaha kecil dan hibah melalui mr pedro dan perusahaan pendanaannya. mereka menawarkan pinjaman pada tingkat 2 yang sangat terjangkau. sebagai pemilik bisnis pemula, Anda hanya perlu berusaha menemukan yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda. hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com / whatsapp teks: +1 863 231 0632 untuk pinjaman. semua yang terbaik!
BalasHapus